Cara Penyetelan Kabel Gas Mobil Xenia/Avanza

Posted by Unknown Selasa, 17 Juni 2014 5 komentar
Setel Kabel Gas Avanza-Xenia
Pedal gas merupakan tuas yang berfungsi untuk mengatur kecepatan RPM mobil atau bukaan gas mobil, dengan setelan gas yang tepat maka pengendara akan merasa lebih nyaman dalam berkendara. Setelan kabel gas mobil (All New) Xenia/Avanza yang masih menggunakan kabel dapat diatur dengan mudah, yaitu apakah gerak bebasnya akan dikurangi/dikendorkan atau dibuat lebih responsif atau dikencangi. Namun, jika setelan kabel gas terlalu kencang, maka ketika kaki menginjak pedal gas mesin cepat meraung, begitu juga jika setelan kabel gas terlalu kendor perlu penekanan lebih dalam agar gas mulai bereaksi (RPM naik). Sebaiknya kabel gas ini disetel jangan terlalu kencang dan jangan terlalu kendor.

Jika setelan gas terlalu kencang, ketika kaki baru menyentuh pedal gas dengan tidak sengaja tertekan, maka mesin akan cepat meraung dan tentunya membuat tidak nyaman, apa lagi jika kopling tidak sengaja ditekan dan tentunya mobil akan tiba-tiba meloncat. Namun jika terlalu kendor, maka kaki akan cepat pegal karena perlu menekan pedal gas terlalu dalam agar mesin bereaksi. Agar kaki tidak mudah pegal dan mesin tidak meraung dengan tiba-tiba ketika kaki baru menginjak pedal gas, maka setelan sebaiknya dilakukan senyaman mungkin demi kenyamanan sang sopir dalam berkendara.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menyetel kekendoran atau kekencangan kabel gas mobil Xenia dan Avanza, tentu hal ini juga dapat dilakukan pada mobil lainnya, karena pengaturannya lebih kurang hampir sama, jadi tinggal mencari letak pengaturannya saja (ujung kabel gas). Untuk pengaturannya yaitu kita perlu menemukan bagian ujung kabel gas yang terhubung ke bagian mesin mobil, yaitu yang terdapat di bagian bawah kap mesin. Untuk itu kita perlu membuka kap mesin terlebih dahulu dan menemukan kabel gas dan bagian ujungnya yang akan kita setel.

Cara Pengaturan/Penyetelan Kabel Gas Mobil Xenia/Avanza:

  1. Buka pengunci kap mesin dengan menarik tuasnya yang terdapat pada bagian depan sopir/kursi sopir yaitu pada bagian bawah dasbor mobil anda.
  2. Jika kunci sudah terbuka (setelah tuas pengunci ditarik), silakan buka kap mesin dengan menarik ke atas bagian tengah pengait kunci kap mobil yaitu di bagian atas logo kendaraan anda bagian depan, yaitu dengan cara memasukkan beberapa jari dan menarik tangkai pengait tersebut ke atas sambil mengangkat kap mesin ke arah atas.
  3. Setelah kap terangkat ke atas atau terbuka, silakan cari kawat penyanggga seperti pengait jendela agar tidak tertutup dengan sendirinya dan tetap terbuka ketika sedang melakukan pengaturan, untuk itu pastikan kawat penyangga tersebut masuk ke bagian kap mesin dengan tepat.
  4. Langkah selanjutnya, mencari kabel gas mobil anda seperti yang terlihat pada gambar di bawah.
    Kabel Gas Avanza-Xenia
    Tempat Penyetelan Kabel Gas

    Penyetelan Kabel Gas Mobil
    Bagian Ujung Kabel Gas
  5. Pada bagian ujung kabel gas terdapat dua baut yang berfungsi untuk mengatur kekencangan kabel gas, silakan putar baut bagian belakang ke arah kanan untuk mengencangkan kabel gas dan putar ke arah kiri untuk mengurangi kekencangan kabel gas atau agar kabel gas menjadi kendor, sebelumnya buka dulu baut pengunci bagian depan ke arah kiri agar bisa memutar baut bagian belakang untuk mengatur kekencangan kabel. Selanjutnya silakan putar baut bagian depan ke arah kanan kembali untuk mengunci agar bagian ujung kabel tidak bergeser.
Aturlah kabel dengan setelan yang pas, yaitu tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor demi kenyamanan berkendara. Jika setelan kabel yang terlalu kendor, maka perlu penekanan yang lebih agar RPM naik dan tentunya hal ini dapat membuat kaki menjadi cepat pegal. Sedangkan jika setelan kabel terlalu kencang, tentu sangat berbahaya jika tiba-tiba mesin meraung bahkan bisa meloncat dengan tiba-tiba.

Demikian cara mengatur atau menyetel kabel gas mobil All New Xenia/Avanza.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Penyetelan Kabel Gas Mobil Xenia/Avanza
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tebingsekumbang.blogspot.com/2014/06/cara-penyetelan-kabel-gas-mobil-xenia-avanza.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 komentar:

Admin mengatakan...

bermanfaat sekali tips nya, terimakasih.
filter ac

cahyo mengatakan...

trims..
sangat membantu...

Unknown mengatakan...

Bagaimana set gas new avanza dual VVTI 2016....

Unknown mengatakan...

Buat mobil bapak cara yg ampuh dan jelas pasti cm ada satu cara
Yaitu dgn cara jual mobil bapak dan ganti dgn mobil baru..hahahahaa

Unknown mengatakan...

Komen anda simple tapi menyebalkan di saat orang sedang mendapat kesulitan
Semoga saja anda mendapat kan kesulitan dalam hidup anda

Posting Komentar

Tutorial SEO Ricky support evafashionstore - Original design by Bamz | Copyright of Tebing Sekumbang.